Dapatkan panduan e - book mencari uang di internet dng harga murah

Rabu, 04 Februari 2009

Tips & trik presentasi yang baik

Presentasi memang sudah menjadi hal yang umum bagi hampir setiap mahasiswa, apalagi bagi marketing. Dalam business, presentasi merupakan pintu masuk akan keberhasilan suatu hal.
Begitu pula dengan saya. Saya sudah sering melakukan presentasi, bahkan sudah tidak terhitung banyaknya. Saya sudah yakin akan kemampuan presentasi saya yang menurut teman teman kuliah saya memang di atas rata rata. Presentasi mengenai mata kuliah, presentasi edukasi, presentasi pada saat training implementasi suatu program, presentasi program, maupun presentasi lainnya sering saya lakukan.

Tadi malam, saya mendapatkan kesempatan untuk pertama kalinya presentasi mengenai diri saya pada mata kuliah Business Communication di depan kelas S2 Business School.

Tetapi nilai yang saya dapatkan tidak lah memuaskan. Pendengar yang kurang response, maupun materi yang dibawakan tidak terstruktur. Menurut Ibu Ligwina Hananto dosen Business Communication saya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat presentasi menjadi lebih baik. Saya ingin sharing mengenai hal ini mengingat betapa pentingnya presentasi dalam dunia bisnis.

Dari segi Konten


1. Tujuan.
Dalam presentasi, sudah tentu ada suatu tujuan yang ingin kita sampaikan kepada para pendengar. Jangan membawa pendengar beranjak terlalu jauh dengan memberikan hal hal yang akan mempengaruhi penyampaian tujuan kita sebenarnya..


2. Data atau Informasi.
Data atau informasi yang kita suguhkan haruslah merupakan inti sari dari apa yang ingin kita sampaikan. Jangan biarkan kita membaca presentasi. Tampilkan key point dari apa yang ingin kita bicarakan.


3. Struktur.
Presentasi yang baik sebaiknya memikirkan struktur presentasi seperti judul, agenda presentasi dan yang paling penting, tahap per tahap. Jangan menjelaskan sesuatu dengan lompat lompat. Karena hal tersebut dapat memusingkan pembaca.


4. Bahasa.
Jangan terlalu cepat, jangan terlalu lama. Jika pendengar tidak mengerti istilah komputer, jangan memaksakan untuk menggunakan bahasa teknis. Terangkan dengan bahasa yang lebih sederhana. Jika pendengar tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, mencampurkan bahasa inggris pada presentasi = gagal. Karena pendengar tidak bisa menyerap apa yang ingin kita sampaikan.

Penyampaian Presentasi


1. Attention Grabbing.
Usahakan semua mata menuju ke anda. Jika pendengar tidak memiliki komputer, jangan cerita masalah komputer.


2. Audience Interaction.
Usahakan sebisa mungkin kita berinteraksi lebih banyak kepada penonton. Hal ini akan menarik perhatian pendengar dan akan lebih fokus menyerap apa yang akan kita presentasikan.


3. Style
Setiap orang mempunyai style masing masing dalam mempresentasikan suatu hal.
Jangan mengikuti style orang lain. Be creative, and be smart.


4. Time.
Presentasi yang baik, jangan sampe melebihi 1 jam. Perlu break.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar